RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolahh : SD 001 tembilahan
Mata
pelajaran : bahasa indonesia
Kelas/semester :
Vi/1
Alokasi
waktu : 1
x 35 menit
Standar
kompetensi
Ø Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
sekilas
Kompetensi dasar
Ø Menanggapi informasi dari kolom/ruplik khusus (majalah)
anak, Koran, dll.
Indikator
Ø Membuat kalimat untuk telegram yang menggambarkan
kedatangan seseorang
Tujuan pembelajaran
Ø Siswa
dapat membuat kalimat
untuk telegram yang menggambarkan kedatangan seseorang
I.
Karakter
siswa
Ø Bertanggung jawab
Ø Menghargai pendapat orang lain
Ø Berani
Ø Rasa
hormat dan perhatian
II.
Materi
pembelajaran
Membuat kalimat untuk
telegram
telegram adalah berita singkat yang dikirimkan secara cepat melalui
kantor Telkom. Berita yang disampaikan melalui telegram harus ditulis dalam
kalimat yang singkat, padat dan jelas. Perhatikan telegram berikut ini!
Yth ibunda rahmah
Jln pemuda no 35 makasar
Saya pulang 27 november dengan kapal umsini
Ananda
Jln cempaka no 47 cipulir jkt
III.
Metode
pembelajaran
Ø diskusi
IV.
Langjah-langkah
pembelajaran
A. Kegiatan
awal
·
Mengucapkan salam dan absensi.
·
Guru dan siswa mengucapkan basmallah
bersama-sama
·
Apersepsi, mengaitkan materi terdahulu
dengan materi yang akan dipelajari.
“anak-anak, pada
pertemuan yang lalu, kita telah belajar mengenai surat, siapa yang masih ingat apa yang
dimaksud dengan surat?
“BAGUS”naaaah hari ini kita akan belajar mengenai telegram.
·
Memotivasi, dengan membangkitkan minat
belajar siswa.
“anak-anak jika kalian
ingin tau apa itu telegram dan
bagaimana bentuk telegram itu, perhatikan pelajaran hari
ini,karena pelajaran ini sangat penting.
·
Acuan, menuliskan judul materi yang akan
dipelajari dipapan tulis serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendajk dicapai.
B. Kegiatan
inti
·
Guru
memberikan orientasi materi yang akan dipelajari dengan mengajukan
permasalahan.
-
Siapa yang tau apa yang dimaksud dengan telegram ? “jawaban mu tepat
sekali”
·
Guru memperlihatkan media gambar yang
telah dipersiapkan kepada siswa.
“nah anak-anak ini adalah contoh bentuk telegram
·
Guru menjelaskan pengertian telegram
C. Kefiatan
akhir
·
Refleksi, meminta siswa apakah mereka
ada pertanyaan atau tidak menger
Ti mengenai materi yang
telah dipelajari.
“anak-anak sebelum kita
simpulkan, apakah kalian ada pertanyaan ?”
·
Menyimpulkan, guru dan siswa
menyimpulkan materi pelajaran.
“anak-anak ayo kita
simpulkan materi hari ini”
·
Evaluasi, guru memberikan beberapa
pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
·
Tindak lanjut, memberi materi / topik
selanjutnya.
“naah ,,sampai disini
dulu materi kita, minggu depan kita akan mempelajari syair, oleh karena
itunanti kalian baca-baca bukunya dirumah mengenai syair”.
V.
Alat/
sumber bahan
Ø Buku
paket bahasa indonesia kls IV
Ø Media
karton
VI.
Penilaian
1. Jenis
tagihan : individual
2. Bentuk
tes : essay
3. Instrumen
penilaian
Soal :
a. Apa
yang dimaksud dengan pantun ?
Kunci
jawaban :
a. Pantun
merupakan salah satu jenis puisi lama yang terdiri atas 4 larik dan bersajak ab
ab.
Mengetahui tembilahan, april 2013
Kepala sekolah Guru mapel
Drs.sulaiman titi sumanti
0 komentar :
Posting Komentar